Selasa, 10 April 2012


PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA MATARAM
TERHADAP NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH
TAHUN ANGGARAN 2012
Nomor :16/FPKS/DPRD/MS I/XII/2011
Disampaikanoleh : ABDUL MALIK THOLIB




Bismillahirrahmanirrahim
Saudara walikota/wakil walikota Mataram yang kami hormati,
Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Mataram yang terhormat,
Ketua Pengadilan Negeri dan unsur Muspida yang kami hormati,
Kepala Dinas/Badan/Kantor instansi lingkup kota Mataram yang kami hormati pula, begitu pula rekan-rekan pers, singkatnya hadirin yang mulia.



السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته                                                             
 ان الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعود بالله من شرور      انفسنا ومن سيئا ت اعملنا من يهدالله فلا مضلله ومن يضلله فلاها 
دي له ا شهدان لااله الاالله واشهدان محمدا   عبده ورسوله اللهم صلي وسلم علي محمد وعلي اله واصحابه اجمعين وبعد       

     
Marilah kita selalu bersyukur kepada Allah SWT atas anugerah nikmatnya yang selalu berlimpah kepada kita. Alhamdulillah kita masih bisa dengan leluasa menghirup udara segar dan kita dipeliharaNya dalam keadaan sehat walafiat.
     Kemudian, salawat beserta salam marilah kita do’akan kepada Allah semoga disampaikan buat junjungan kita Rasulullah SAW, semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk menjadikan Rasulullah sebagai tauladan dalam kehidupan kita secara pribadi, dalam membina keluarga dan dalam membangun masyarakat yang adil, sejahtera, aman, dan makmur.
     Terimakasih kami aturkan kepada pimpinan sidang yang memberikan kesempatan kepada Fraksi PKS untuk menyampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2012 yang disampaikan oleh Wali Kota beberapa waktu lalu.
     Melalui kesempatan ini kami Fraksi PKS mengucapkan selamat Tahun Baru 1433 Hijriah, semoga momentum perubahan Tahun Baru Islam ini, dapat memberikan semangat baru dalam perspektif kerja Pemerintahan di Kota Mataram, kami juga mengucapkan selamat datang kepada para Jamaah Haji khusunya Jamaah Haji kota mataram setelah menunaikan Ibadah selama satu bulan penuh lamanya di Tanah Suci Makkah Mukarromah, semoga mendapat haji yang mabrur.


Pimpinan sidang serta hadirin yang kami hormati.
     Sebelum menyampaikan pemandangan umum terhadap nota keuangandan RAPBD 2012, izinkan Fraksi PKS menyampaikan dua hal yang menurut hemat kami perlu disampaikan dalam Rapat Paripurna. Pertama, Dengan deadline/tenggang waktu singkat yang kita miliki dalam membahas RAPBD 2012, akan berpengaruh terhadap pembahasan anggaran. Sehingga semua pihak dituntut untuk bekerja lebih ekstra dan berpikir keras saat melakukan pembahasan tanpa mengurangi derajat akuntabilitas, efesiensi dan menghilangkan kesan di mata publik ’pembahasan kejar setoran’. Oleh karena itu, fraksi PKS meminta kepada seluruh dewan yang terhormat bisa lebih fokus dan memiliki tekad kuat untuk mengedepankan check and recheck sekaligus melakukan kontrol yang proporsional.
     Kedua, Fraksi PKS meminta dengan hormat kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) guna mempersiapkan segala sesuatunya dengan seksama dalam pembahasan anggaran dengan komisi-komisi nanti. Warning ini disampaikan, agar kepala SKPD memahami betul anggaran yang sudah dibuat. Bisa menjelaskan anggaran skala prioritas secara rinci. Oleh karena itu, Kepala SKPD diwajibkan hadir dan tidak bisa diwakilkan. Bahkan kalau perlu menyertakan staf yang secara teknis paham dalam pembuatan anggaran. Dengan demikian, maka dengan waktu yang sangat singkat, proses pembahasan anggaran bisa terakomodir secara efesien dan tepat waktu.

Sdr. Walikota/ Wakil Walikota dan Pimpinan Dewan Yang Terhormat
     Setelah meneliti dengan seksama terhadap penyampaian Nota Keuangan dan RAPBD kota Mataram Tahun Anggaran 2012 yang bacakan oleh Sdr.walikota, maka dalam kesempatan ini perkenankan Fraksi PKS menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Keuangan dan RAPBD Tahun Anggaran 2012 tersebut. Adapun dalam pemandangan umum ini, Fraksi PKS menyampaikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Melalui kesempatan ini kami menyerukan kepada Sdr. Walikota/wakil walikota dan jajarannya yang berada di SKPD masing-masing untuk membuat paradigma kerja baru atau terobosan baru dalam perspektif pembangunan dengan melakukan langkah percepatan dalam menunaikan tugas yang sudah diamanahkan melalui APBD yang akan disepakati nanti, kami berharap tidak ada lagi penundaaan-penundaan program sampai akhir tahun seperti biasa, begitu Anggaran sudah ditetapkan maka segera saat itu SKPD melaksanakan program tersebut. Agar permasalahan-permasalahan klasik seperti kerja ahir tahun, kebut satu bulan untuk laporan, sehingga menimbulkan banyak masalah dan hasil kerja yang kurang efektif. Semoga Kota Mataram bisa menjadi contoh terobosan baru ini. 
  2. Ukuran keberhasilan 3 program unggulan yakni: (a) Pemberdayaan ekonomi kerakyatan; (b) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; dan (c) Penigkatan kualitas dan Kuantitas Sarana dan prasarana perkotaan. Menurut kami belum jelas, mulai dari perencanaan, capaian dan target. Kami harap agar nantinya program ini lebih terukur dan terarah.
  3.  Khusus program ekonomi kerakyatan, indikator keberhasilannya tidak jelas, kemudian konsep program lanjutannya seperti apa. 
  4. Kami meminta tanggapan dari Pemerintah dalam menyikapi permendagri no 32 tahun 2011 tentang dana bansos dan hibah. 
  5. Tentang munculnya SILPA Tahun Anggaran 2011, ini fenomena apa? Mungkin perlu disepakati defenisinya dalam perspektif pemerintahan? Apakah ini indikator ketidakmampuan SKPD dalam melaksnakan program? atau seperti apa?

Sidang Paripurna yang kami hormati,
     Dari lima hal yang kami pandang sebagai suatu masalah tersebut, tentu akan banyak menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih rinci dan detail, namun tanpa mengurangi arti sebuah pandangan umum fraksi, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami sampaikan nanti dalam kesempatan Rapat Kerja.




Saudara-saudara peserta sidang paripurna yang kami hormati.
     Demikian pandangan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera terhadap Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah 2012. Atas perhatian dan kesabaran Bapak/Ibu mendengarkan pandangan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, kami ucapkan terima kasih.


Wabillahitaufiqwalhidayah
WassalaamualaikumWarahmatullahiWabarakatuh


Mataram, 7 Desember 2011




FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
KOTA MATARAM

Ahmad Tauhid, S.Hi.                           Abdul Malik Tholib
                                                 (Ketua)                                         (Sekretaris)

TGH Ahmad Muhclis
(Anggota)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar